Guna Permudah dan Beri Layanan Terbaik bagi Masyarakat, Pemkot Metro Tambah Enam Pelayanan di MPP

Kamis, 04 Jul 2024 | 22:03:15 WIB, Dilihat 169 Kali

Oleh Redaksi Kompas Lampung

Share on Facebook Share on Twitter

Guna Permudah dan Beri Layanan Terbaik bagi Masyarakat, Pemkot Metro Tambah Enam Pelayanan di MPP

Baca Juga : BNN Metro Gelar Sosialisasi P4GN di Dinas Perkim Kota Setempat


Metro -- Guna mempermudah dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menambah enam pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bumi Sai Wawai. 

 

Dari data yang dihimpun, keenam pelayanan tersebut yaitu, Pelayanan Paspor (imigrasi), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), MCC (Metro Command Center), Real Estate Indonesia, dan Bursa Efek Indonesia. 

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Metro, Deny Sanjaya mengungkapkan, pada hari Selasa, 2 Juli 2024 lalu, pihaknya meresmikan layanan baru di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro, sebagai kado hari jadi ke 87, sebanyak enam layanan. 

 

"Yang pertama, dari instansi Kemenkumham, jadi kemenkumham itu punya tiga Dirjen. Tapi, yang dibuka untuk awal ini, terkait dengan pelayanan paspor. Jadi, di MPP nanti ada pelayanan pembuatan paspor baru dan pergantian paspor. Mudah-mudahan ke depan Kemenkumham bisa membuka layanan lebih banyak lagi di MPP Kota Metro," ungkap dia, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2024). 

 

Kemudian, Deny mengatakan, layanan yang kedua, adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. 

 

"Jadi di BPJS Ketenagakerjaan ini berhubungan dengan perizinan, investasi masuk, dan jaminan ketenagakerjaan di Kota Metro," katanya. 

 

Dia menyampaikan, pelayanan yang ketiga adalah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

 

"Jadi, BPOM provinsi Lampung juga membuka layanan di MPP Kota Metro, sebagai pengawasan obat-obatan dan makanan dengan bahan pengawit, atau kalau lebih dari tujuh hari itu wajib diperiksa oleh BPOM," ujarnya. 

 

"Kalau makanan yang siap saji, yang langsung jadi dari UMKM, itu cukup PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Tapi kalau makanan kemasan yang mau dijual di mini market atau sebagainya, itu wajib BPOM. Bagi teman-teman UMKM atau pengusaha lokal di Kota Metro, yang ingin melakukan pengurusan BPOM, bisa langsung datang ke MPP," tambahnya. 

 

Kemudian, untuk yang keempat, ada gerai MCC (Metro Command Center) di MPP Kota Metro. 

 

"Disitu dari pelayanan call 112, sampai dengan pelayanan lainnya. Termasuk kebakaran, ambulan, dan lain sebagainya," ungkap Deny. 

 

Selain itu, untuk layanan yang kelima yaitu gerai Real Estate Indonesia. 

 

"Jadi Real Estate Indonesia ini, mereka mensupport tentang PBG (Persetujuan bangunan gedung). Untuk di Kota Metro, grafik kenaikan PBG itu banyak untuk rumah tinggal dan perumahan. Real dalam hal ini tentunya memberikan edukasi kepada seluruh pengembang untuk melengkapi izin-izin," jelas Deny. 

 

"Kemudian, untuk yang keenam ada gerai layanan Bursa Efek Indonesia. Jadi, untuk melayani masyarakat dengan berkolaborasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dalam hal ini adalah pelayanan pemberian informasi mengenai investasi, agar masyarakat tidak terjebak dalam investasi bodong yang semakin merebak di masyarakat," tambahnya. 

 

Deny menyebut, selain keenam layanan baru tersebut, pihaknya juga meresmikan layanan baru di MPP, yaitu AJIAN (antar jemput perizinan). 

 

"AJIAN ini berupa motor keliling, yang akan menjemput dokumen yang akan diurus, kemudian kalau sudah selesai dokumen tersebut akan diantarkan kembali ke alamat yang bersangkutan oleh petugas di MPP," ucapnya. 

 

"Karena armada kami masih terbatas, untuk saat ini layanan AJIAN kami buat prioritas terlebih dahulu. Jadi, layanan AJIAN ini di khusus untuk teman-teman dari kelompok disabilitas dan kelompok rentan," tambahnya. 

 

Deny menambahkan, saat ini pelayanan di MPP ada 35 instansi yang telah bergabung, dimana sebelumnya berjumlah 29 instansi. 

 

"Mudah-mudahan dengan bertambahnya layanan di MPP bisa mempermudah dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujarnya. (Ferdy Genta) 



BNN Metro Gelar Sosialisasi P4GN di Dinas Perkim Kota Setempat
  • BNN Metro Gelar Sosialisasi P4GN di Dinas Perkim Kota Setempat

    Kamis, | 15:04:50 | 126 Kali


  • Pemkot Melalui Dinkes Metro Gelar Peresmian Pemeriksaan IVA Test, HPV DNA, dan Sadanis
  • Pemkot Melalui Dinkes Metro Gelar Peresmian Pemeriksaan IVA Test, HPV DNA, dan Sadanis

    Rabu, | 12:20:03 | 194 Kali


  • Pemkot Metro Terus Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
  • Pemkot Metro Terus Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    Selasa, | 19:12:48 | 154 Kali


  • Kasat Pol PP Metro Sebut Program Kerja Walikota Wahdi di Satuannya Lebih Utamakan pada Kepentingan M
  • Kasat Pol PP Metro Sebut Program Kerja Walikota Wahdi di Satuannya Lebih Utamakan pada Kepentingan M

    Senin, | 18:45:59 | 115 Kali


  • Pemkot Gagas Program Ayo Sekolah, Ini Kata Kadis Dikbud Metro
  • Pemkot Gagas Program Ayo Sekolah, Ini Kata Kadis Dikbud Metro

    Senin, | 18:30:42 | 107 Kali